Total Tayangan Halaman

Total Tayangan Halaman

Kamis, 18 September 2014

Bimbingan Konseling, Memahami Diri Sendiri Bimbingan Konseling, Memahami Diri Sendiri Presentation Transcript

  • Bab 8Memahami dirisendiri
  • A. MENGENAL DIRIKeunikan jati diri setiap individu adalahhasil dari proses-proses terdahulu danmerupakan awal dari proses ke depan yang jugatidak perlu dibandingkan dan dinilai secaraberlebihan. Kita harus memahami danmenyadari hal tersebut dengan baik.Masalahnya, bagaimana cara memahamiataupun mengenali kepribadian diri sendiri?Berikut ini adalah caranya:
  • 1. Sifat-sifat dan karakter2. Hasrat dan keinginan3. Kemampuan4. Ketidakmampuan danketerbatasan5. Latar belakang
  • B. MENGENAL POTENSI DIRI UNTUKBERPRESTASIMasing-masing individu memiliki potensi diriyang berbeda dengan lainnya. Pengertian potensi diriadalah kemampuan yang dimiliki setiap pribadi(individu) yang mempunyai kemungkinan untukdikembangkan dalam berprestasi.
  • Pengukuran potensi diri dimaksudkanuntuk mengetahui sejauh manakahpotensi-potensi yang dimiliki oleh seorangindividu, baik yang diperoleh melaluiintrospeksi diri maupun melalui feed backdari orang lain serta tes psikologis(kepribadian):
  • 1) Penilaian diriYang dimaksud dengan penilaian diri iniadalah menilai diri sendiri. Ada juga yangmengatakan instropeksi.2) Pengukuran diri melalui feedback orang lainFeed back (umpan balik) merupakankomunikasi yang ditujukan kepada seseorangyang akan memberikan informasi kepada orangyang bersangkutan, bagaimana orang lainterkena dampak olehnya, bagaimana kesanyang ditimbulkan pada orang lain dengantingkah laku yang ditunjukkannya.
  • 3) Tes kepribadianTes kepribadian merupakan salah satuinstrumen untuk pengenalan diri sendiri,beberapa tes kepribadian untuk pengukuranpotensi diri, yaitu: kepercayaan terhadap dirisendiri, tingkat kehati-hatian, daya tahanmenghadapi cobaan, tingkat toleransi, danpengukuran ambisi.
  • C. Orientasi Diri denganMemilih Pekerjaan Sesuaidengan Tipe DiriCita-cita tidak bisa dicapai begitu saja tanpausaha yang nyata. Ada banyak pandanganyang dapat di jadikan landasan untukmencapai cita-cita. Kita dapatmenyederhanakan sebagai berikut:
  • MEMILIH PEKERJAAN SESUAI DENGAN MINATa. Minat pada IdeJika Anda termasuk orang yang selalu ingintahu, kreatif, atau senang mengeksploitasi ide-idebaru, bidang pekerjaan yang bisa membuat Andayang memiliki minat pada bidang ini bisa melamarpekerjaan di bidang penulisan, sains, pengobatan,atau bidang artistik seperti desain interior.
  • b. Minat pada OrangJika Anda termasuk orang yang senang bertemudengan orang baru, mudah bergaul dan beradaptasi,senang bepergian ke tempat baru, serta berjiwa sosialtinggi, dipastikan Anda tidak akan betah bekerja di dalamkantor serta berkutat dengan komputer dan dokumen-dokumen. Jenis pekerjaan yang bisa Anda pilih adalahpekerjaan yang mengingkinkan Anda bertemu denganbanyak orang setiap hari, misalnya marketing ataukonsultan.
  • c. Minat pada BendaJika Anda termasuk orang yang teratur, rapi, dansenang mengerjakan sesuatu dengan terencana, tetapitidak begitu senang bertemu dengan orang, dipastikanAnda akan cocok bekerja di bidang pekerjaan yangmemerlukan ketelitian tinggi dan sesuai dengan minat iniadalah pekerjaan di belakang meja, seperti administasi,akutansi, atau keuangan.
  • Setelah Anda merasa cocok dengan salah satuminat di atas, mulailah membuat daftar jenis pekerjaanyang sesuai. Perlu diingat, sebaiknya jangan hanyamenetapkan satu jenis pekerjaan yang Anda inginkan,sehingga jika Anda gagal di satu bidang, Anda masihmemiliki alternatif bidang pekerjaan lain. Setelah itu,segeralah mencari lowongan, membuat lamaran kerja,curriculum vitae, resume, dan segera mengirimkannyake perpustakaan yang dituju.
  • 3. Memilih Jenis Pekerjaan Sesuai dengan Tipe Diria) Tipe realistisOrang yang bertipe ini memiliki keahlian bekerja denganmesin atau peralatan mekanik.b) Tipe inverstigatifOrang yang bertipe ini memiliki keahlian gemar danmemecahkan masalah umumnya menghindari sifatmemimpin, menjual gagasan, atau mempengaruhiorang.c) Tipe artistikSuka melakukan aktivitas seni, keterampilan tangan danmenulis sastra.
  • d) Tipe sosialOrang yang bertipe ini cenderung suka menolong sesamaserta pandai melakukan kegiatan seperti mengajar,menyembuhkan, menyuluh, merawat tetap menghindaripekerjaan yang berhubungan mesin dan peralatan mekanike) Tipe usahawanOrang yang bertipe ini suka memimpin, mempengaruhiorang lain.f) Tipe konvensionalOrang yang bertipe ini suka bekerja dengan angka-angka,berkas-berkas, dan pekerjaan yang serba teratur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

judul blog