Total Tayangan Halaman

Total Tayangan Halaman

Kamis, 18 September 2014

Home / All About Cat / Jenis Kucing Ras / Kucing Persia

Kucing Persia

Kucing Persia

Kucing persia – Jenis kucing persia merupakan jenis kucing ras yang sudah cukup populer di indonesia bahkan dunia, kucing berbulu panjang atau kucing long hair ini cukup banyak yang memelihara karena bentuk wajahnya yang bulat, hidung pesek sehingga kucing terlihat cantik, lucu, elegan, dan indah. Harga kucing persia pun terjangkau sehingga jenis kucing ini sangat diminati dan hampir semua orang tau jenis kucing ras yang satu ini, tetapi banyak orang juga yang keliru mengenali kucing ini karena banyak yang mengira setiap kucing yang berbulu panjang disebut kucing persia, padahal masih banyak jenis kucing ras selain kucing ras persia yang berbulu panjang.
Namun tahu kah anda asal usul kucing ras persia modern yang saat ini banyak dipelihara?

Sejarah Kucing Persia

Sampai sekarang masih belum ada keterangan kongkrit asal usul dari kucing persia, berdasarkan informasi dari wikipedia, banyak yang meyakini bahwa “Kucing Persia Modern” merupakan kucing yang berasal dari daerah Provinsi Khorasan Persia negara Iran, walaupun bentuk dan ciri ciri kucing persia yang berasal dari persia tidak seperti “kucing persia” modern yang ada sekarang. Hal ini merujuk pada informasi telah ditemukannya kucing serupa pada daerah tersebut. Kucing persia dari khorasan berwajah bulat berbulu lebat dan hidung pendek tidak terlalu mancung tapi hidungnya tidak seperti kucing persia modern yang cenderung lebih pesek dan berkepala bulat.
Konon katanya kucing persia modern berasal dari kawin silang antara berbagai jenis kucing ras berbulu panjang yang berasal dari daerah Afghanistan, China, Burma and Russia, namun banyak yang percaya bahwa nenek moyang kucing persia modern berasal dari kawin silang kucing ras daerah Khorasan Persia yang dibawa ke eropa oleh seorang kebangsaan Itali yang bernama Pietro della Valle dengan kucing ras Turkish Anggora yang dibawa seseorang yang bernama Nicholas-Claude Fabri de Peiresc dari daerah Angora atau Ankara Turki ke negara Prancis lalu sampai juga ke negara Inggris pada kisaran tahun 1860.
Menurut berbagai informasi, ada yang berpendapat bahwa tujuan kawin silang kucing persia, anggora, dan dengan kucing berbulu panjang lainnya itu untuk menciptakan kucing peliharaan yang berbeda dari kucing anggora dan kucing ras persia itu sendiri, bahkan ada juga yang berpendapat bahwa pada saat itu ratu inggris mengadakan sayembara untuk menciptakan kucing ras jenis baru untuk peliharaan sang ratu, namun informasi tersebut belum jelas kebenarannya.
Kucing ras persia modern pertama kali dipatenkan ras nya atau distandarisasi oleh CFA (Cat Fanciers Association) pada tahun 1950 dengan istilah peke-face dan flat-nose, mungkin istilah tersebut mengacu pada bentuk muka datar dan hidung datar. Hingga akhirnya pada tahun 1990 kurang diminati oleh CFA, karena kucing persia terdapat masalah kesehatan yang serius. Namun sebaliknya justru para peternak kucing sangat menyukai dengan tampilan kucing persia pada saat itu. Penyempurnaan tampilan dan kesehatan  kucing ras persia modern terus dilakukan yang akhirnya setiap asosiasi kucing di dunia mempunyai standar berbeda, namun secara umum mempunyai karakter dan ciri khas kucing persia yang sama.
Setiap asosiasi kucing di berbagai dunia mewajibkan peternak kucing yang terdaftar di asosiasi tersebut untuk melaporkan setiap kegiatan perkembangbiakan kucingnya untuk menjaga kemurnian ras yang sudah terbentuk dengan menerbitkan sertifikat pedigree atau silsilah yang menggambarkan asal usul kucing persia itu sendiri.
Kucing Persia 229x300 Kucing Persia
Jenis Kucing Persia
Secara global ciri khas atau ciri fisik kucing persia yang mempunyai pedigree adalah :
  1. Mempunyai bulu lebat dan panjang secara keseluruhan
  2. Kaki pendek
  3. Telinga berjauhan
  4. Kepala lebar
  5. Mata bulat dan besar
  6. Hidung Pesek
Secara sifat atau karakter, umumnya kucing ras persia modern yang terjaga kemurnian rasnya (mempunyai sertifikat pedigree)  mempunyai sifat yang tenang atau tidak berisik, jarang mengeong, dapat menyesuaikan diri dengan baik. Bila dibandingkan dengan kucing persia yang non pedigree atau kucing persia yang informasi asal usul keturunannya tidak ada, kucing persia pedigree lebih baik dalam hal kebersihannya dan kasih sayang dan kedekatannya dengan pemilik.
Jenis Kucing Ras Persia sempat dinobatkan sebagai kucing ras termahal pada jamannya, dikarenakan bentuknya yang elegan dan disukai banyak orang, namun seiring perkembangan jaman harga kucing persia sudah tidak terlalu mahal seperti pada jamannya dikarenakan sekarang banyak ras kucing jenis baru hasil rekayasa genetik, kawin silang, atau pun ras yang terbentuk secara alami. Kucing persia sendiri sudah sering di kawin silangkan dengan kucing ras lainnya sehingga tercipta kucing ras baru, seperti Kucing Himalayan, Kucing Exotic Shorthair, Kucing Chinchilla, Kucing Toy And Teacup Persian.
Kucing Persia Di Indonesia
Di indonesia pun kucing ini sering dikawin silangkan dengan kucing domestik atau kucing kampung sehingga tercipta kucing dengan julukan kucing persia medium, nah kalo ini julukannya mungkin berdasarkan ukuran hidungnya karena kucing persia medium memiliki bulu yang lebat namun hidungnya mancung sehingga timbul istilah dengan mengklasifikasikan ukuran hidungnya, yaitu medium, flat/rata, peaknose, peaknose sendiri istilah untuk kucing persia pedigree atau pun non pedigree yang hidungnya pesek.
Kucing Persia Medium 300x159 Kucing Persia
Kucing Persia Medium
Sampai sekarang asal usul penamaan jenis kucing persia medium, jenis kucing persia flat, jenis kucing persia peaknose masih belum jelas sumbernya dari mana, namun cukup membantu bagi newbie atau pemula untuk mengklasifikasikan jenis kucing persia yang ada di indonesia. Harga anak kucing persia pun berbeda beda, karena mengacu pada bentuk kucing persia pedigree, sehinggga kucing yang mendekati bentuk kucing persia pedigree akan semakin mahal harganya, harga kucing persia peaknose jauh lebih mahal dari harga kucing persia medium dikarenakan bentuk hidung kucing persia medium jauh lebih mancung dari bentuk hidung kucing persia pedigree.
Kucing ini merupakan salah satu kucing yang cukup berhasil di indonesia, karena peminatnya sampai sekarang masih banyak dari mulai peternak kucing, Pecinta kucing, bahkan pemula, hal ini  karena memang kucing persia mempunyai bentuk yang cantik, elegan, lucu, mewah, unik. Untuk yang memelihara kucing persia berikut tips Cara Merawat Kucing Peliharaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

judul blog