DASAR – DASAR PEMROSESAN KOMPUTER
BAB I
PENDAHULUAN
Pada Sistem kerja komputer sangat didukung oleh pangolahan dan
pengrakitan komponen-komponen yang sesuai dengan sistem dan kinerja
masing-masing item dalam personal computer (PC). Salah satu faktor
pendukung yang penting agar komputer dapat beroperasi dan bekerja
sangatlah didukung oleh dasar-dasar pemrosesan komputer yang merupakan
proses awal perakitan dalam PC sehingga menjadi suatu bentuk kerja
komputer yang sempurna untuk digunakan.
BAB II
PEMBAHASAN
ARSITEKTUR KOMPUTER
Komputer dengan tujuan umum memiliki tipe komponen yang sama, yaitu :
- Prosesor
- Memori
- Penyimpanan sekunder
- Perangkat Input
- Perangkat Output
Bentuk Penyimpanan Sekunder :
2. ALAT PENUNJUK
Unit pengenal suara (speech recognition unit)
6. ALAT INPUT PENERIMA GERAK
Dibagi menjadi dua, yaitu :
A. Perangkat Lunak Sistem
- Bahasa Generasi Kedua, Assembler
- Bahasa Generasi Ketiga, Compiler dan Interpreter
- Bahasa Generasi Keempat, Bahasa Alamiah 4GL, memungkinkan programmer atau pemakai menginstruksikan computer apa dan bagaimana operasi tersebut dilakukan. Di Bawah ini yang termasuk kedalam generasi bahasa keempat :
2. Paket Jadi
Adaempat kelompok besar :
- Prosesor
- Memori
- Penyimpanan sekunder
- Perangkat Input
- Perangkat Output
Bentuk Penyimpanan Sekunder :
- RAM (Random Access Memory), jenis penyimpanan primer yang mudah hilang (volatile) karena data akan hilang jika listrik padam.
- ROM (Read Only Memory), jenis penyimpanan sekunder yang bersifat non-volatile karena data disimpan secara permanent dan jika listrik padam data tidak akan hilang
- Cache Memory, merupakan RAM khusus yang bekerja sangat cepat dan digunakan untuk membantu RAM biasa dalam proses data
PERALATAN INPUT
1. KEYBOARD
Unit input yang paling popular, dimana pengguna memasukan data dengan menekan tombol-tombol yang tepat.2. ALAT PENUNJUK
- Mouse
- Trackball
- Touch Screen
- Light Pen
- Unit Remote Control
3. ALAT INPUT OTOMATIS DATA SUMBER
- Alat Pembaca Optis, alat input yang membaca data dengan menyinari suatu sinar terang di atas data dan kemudian menangkap citra yang terpantul pada matriks sel-sel photoelectric. Contoh : Scanner, OCR (Optical Character Recognition), OMR (Optical Mark Reader)
- Alat Pembaca Magnetis, alat pembaca yang menggunakan tinta khusus yang berisi zat yang dapat diberi muatan magnet. Contoh : MICR (Magnetic Ink Character Recognition).
Unit pengenal suara (speech recognition unit)
- Mikropon
- Automatic Speech Recognation (ASR)
- Touchtone
6. ALAT INPUT PENERIMA GERAK
- Headset
- Glove
- Walker
- Pita Magnetik : Reel Tape dan Tape Cartridge
- Hard Disk : Removable dan Non removable
- Floppy Disk
- Piringan Optik : CD, DVD
- USB Flash Disk
- Smart Card
- Kartu memori
Dibagi menjadi dua, yaitu :
- Softcopy, terdiri dari dua jenis :
- Monitor : CRT dan Layar Datar (LCD, EL, Plasma)
- Audio
- Hardcopy, terdiri dari :
- Printer : Impact, Thermal, Inkjet, Laser, Multifungsi
- Plotter : Pena, Electrostatis, Thermal, Pemotong, Format Le bar
- Computer Output Microfilm (COM)
A. Perangkat Lunak Sistem
- Perangkat lunak yang melaksanakan tuga-tugas dasar tertentu yang diperlukan semua pemakai computer.
- Adatiga jenis dasar perangkat lunak sistem :
- Sistem Operasi, berfungsi sebagai interface antara pemakai, perangkat lunak yang memproses data perusahaan dan perangkat keras. Contoh : Windows XP, DOS, UNIX
- Menjadwalkan Tugas
- Mengelola sumber daya perangkat keras dan perangkat lunak
- Menjaga keamanan sistem
- Memungkinkan pembagian sumber daya untuk beberapa pemakai
- Menangani Interrupt
- Menyiapkan catatan pemakaian
- Program Utility, suatu routine yang memungkinkan pemakai untuk melaksanakan operasi pemrosesan data dasar tertentu yang tidak unik pada satu aplikasi pemakai tertentu.
- Penerjemah Bahasa Komputer
- Bahasa Generasi Kedua, Assembler
- Bahasa Generasi Ketiga, Compiler dan Interpreter
- Bahasa Generasi Keempat, Bahasa Alamiah 4GL, memungkinkan programmer atau pemakai menginstruksikan computer apa dan bagaimana operasi tersebut dilakukan. Di Bawah ini yang termasuk kedalam generasi bahasa keempat :
- Database Query Language
- Modelling Language, khusus dirancang untuk pembuatan model matematika. Contoh : GPSS
- Very High Level Language : PASCAL, APL
- Graph Generators : paket grafik
- Report Writer : COBOL, RPG
- Aplication Generators : program aplikasi pembayaran gaji
B. Perangkat Lunak Aplikasi
1. Pemrograman Sendiri
Perusahaan menempatkan spesial informasi untuk melakukan tugas
merancang sistem berbasis computer yang memenuhi kebutuhan unit
perusahaan.2. Paket Jadi
Adaempat kelompok besar :
- Paket Aplikasi Bisnis Umum
- Paket Aplikasi Khusus Industri
- Paket Aplikasi Peningkatan Produktivitas Organisasi
- Paket Peningkatan Produktivitas Perorangan
BAB III
KESIMPULAN
Keseluruhan komponen perangkat input, output dan software dapat
berperan langsung maupun tidak langsung dalam pemecahan masalah.
Semuanya saling behubungan dan mendukung kegiatan satu dengan yang
lainnya. Perangkat input dan output berperan dalam proses penyelesaian
masalah dalam hal perangkat keras, sedangkan perangkat lunak, baik
sistem maupun aplikasi membantu para manajer untuk meningkatkan
produktivitas organisasi dan perorangan, dengan menyederhanakan
penciptaan dan transmisi data.
SUMBER :http://nicolimbong.blogspot.com
dharmayanti.staff.gunadarma.ac.id
SUMBER :http://nicolimbong.blogspot.com
dharmayanti.staff.gunadarma.ac.id
Tinggalkan Balasan